Minggu, 31 Juli 2016

DONOR DARAH EDISI 1

Darah merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam tubuh manusia karena
fungsinya sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memicu timbulnya beberapa penyakit seperti halnya anemia, hipotensi, serangan jantung dan beberapa penyakit lainnya. Beberapa kasus lain seperti kecelakaan dan proses melahirkan juga dapat menyebabkan seseorang kekurangan darah akibat perdarahan hebat. Kondisi ini menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi. Namun ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit sementara kebutuhan akan darah terus meningkat. Oleh karena itu untuk menunjukkan kepedulian kami terhadap kondisi tersebut, kami IKM (Ikatan Keluarga Mahasiswa) Departemen Hubungan Masyarakat bekerja sama dengan PMI cabang Kota madiun bermaksud menyelenggarakan kegiatan Donor Darah.
Kegiatan Donor darah yang mengambil tema “Darahmu Bukti Cinta Untuk Sesama” ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 April 2016 di Gedung Serbaguna Akademi Keperawatan dr. Soedono Madiun. Kegiatan ini diikuti oleh segenap civitas akademika, mahasiswa serta masyarakat umum. Sebelum proses donor darah dilakukan, calon pendonor harus melakukan beberapa pemeriksaan diantaranya tekanan darah, kadar Hb darah serta berat badan. Apabila calon pendonor telah memenuhi persyaratan maka barulah dilakukan donor darah.
Banyak manfaat yang didapatkan melalui kegiatan donor darah seperti melindungi jantung, menurunkan resiko terkena kanker, pembaharuan sel-sel darah secara rutin, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai manfaat tersebut, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah lazimnya dilaksanakan tiap tiga bulan sekali, oleh karena itu kami akan mengadakan donor darah periode kedua pada tanggal 14 Agustus 2016 bersamaan dengan peringatan Dies Natalis Akper dr. Soedono Madiun yang ke-19. Untuk itu, kami mengharapkan partisipasi dari masyarakat dalam kegiatan ini karena seperti sebuah kalimat “If you give money, you give food. But if you give blood, you give life.”

Author BY : Prastiti Dhewihantari

0 komentar:

Posting Komentar